Pengaruh berat badan terhadap laju respirasi

Disamping itu, oksigen juga dibutuhkan untuk oksidasi bahan-bahan organik dan anorganik dalam proses aerobik. Bagaimanakah cara mengukur volume oksigen yang dihirup jangkrik?

Pada menit keempat cairan eosin bergerak menuju skala 0,20ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit keempat adalah 0,10ml. Energi yang ditangkap dari proses oksidasi sempurna beberapa senyawa dapat digunakan untuk mensintesis molekul lain yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Kualitas air salah satunya dilihat dari segi kimia, dimana unsur kimia dalam air berfungsi sebagai pembawa unsur-unsur hara, mineral, vitamin dan gas-gas terlarut dalam air. Hal tersebut sesuai dengan teori Tim Dosen Fiologi Hewan, dimana frekuensi pernafasan pada hewan di pengaruhi oleh beberapa faktor.

Karena pengaruh berat badan terhadap laju respirasi mengalir ke arah yang berlawanan dengan air yang melewati insang, pada setiap titik dalam jalur yang di lewati, darah mengandung lebih sedikit Oksigen daripada air yang di jumpainya. Pemecahan bahan organik diartikan bahwa bahan organik ini digunakan oleh organisme sebagai bahan makanan dan energinya diperoleh dari proses oksidasi.

Pada percobaan pertama terhadap kecambah I dengan memiliki berat 5,0 gram pada menit pertama setelah pemberian eosin pada ujung respirometer menunjukkan skala 0,08ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit pertama adalah 0,08ml. Dikarenakan ada factor yang mempengaruhi: Sebutkan faktor yang memengaruhi kecepatan pernapasan!

Proses fotosintesis hanya bisa dilakukan oleh tumbuhan yang mempunyai klorofil. Jenis dan Umur Tumbuhan Masing-masing spesies tumbuhan memiliki perbedaan metabolsme, dengan demikian kebutuhan tumbuhan untuk berespirasi akan berbeda pada masing-masing spesies.

Dapat disimpulkan bahwa frekuensi respirasi dapat dipengaruhi oleh spesies hewan, berat badan, umur, jenis kelamin, posisi tubuh dan kegiatan tubuh.

Ketika energi yang di butuhkan semakin banyak maka oksigen yang di butuhkan dalam tubuh semakin banyak, karena adanya keterkaitan antara energi yang di keluarkan dengan oksigen yang di gunakan. Kadar garam di dalam cairan.

Pada menit keenam cairan eosin bergerak menuju skala 0,68ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit keenam adalah 0,11ml. Pada menit keenam cairan eosin bergerak menuju skala 0,42ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit keenam adalah 0,06ml.

Kadar oksigen, Apabila kadar oksigen semakin rendah maka frekuensi respirasi akan meningkat sebagai kompensasi untuk meningkatkan pengambilan oksigen. NaOH digunakan pada percobaan ini untuk mengikat karbon dioksida, sehingga dapat membuat larutan eosin tersebut bergerak mendekati organisme.

For environmental water, oxygen levels are influenced by the solubility of oxygen in water. Asetil KoA yang dihasilkan akan diproses dalam siklus krebs. Reaksi transfer elektron ini nantinya akan menghasilkan H2O.

Pergantian suhu air mengakibatkan oksigen yang terlarut di dalam air menjadi berkurang jika suhu di berikan semakin tinggi atau rendah, maka akan mengakibatkan oppercullum semakin bergerak cepat dikarenakan oksigen terlarut semakin rendah sehingga ikan harus berusaha keras untuk mendapatkan oksigen berada di dalam air tersebut, disini ikan akan semakin membutuhkan oksigen ketika oksigen terlarut turun.

Jurnal Fisiologi Hewan Sistem Respirasi Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Demikian pula pada organ tumbuhan yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tabel 1. Bergeser ke arah manakah larutan eosin, mengapa larutan eosin bergeser? Jawablah dengan singkat dan jelas pertanyaan yang kalian buat! Gills is folds out from the surface of the body that is embedded in the water and there is a gill cover called operculum.

Pada insang ikan, proses ini memaksimalkan efisiensi pertukaran gas. Seperti halnya manusia apabila dia berbadan gemuk dia lebih banyak membutuhkan oksigen sehingga akan bernafas cepat.

Hingga ikan kolaps dengan ciri-ciri mulai membalikkan tubuhnya atau miring-miring Hasil dan pembahasan Respirasi pertukaran gas adalah pertukaran oksigen dan karbondioksida antara sel-sel yang aktif dengan lingkungan luarnya atau antara cairan tubuh hewan dengan lingkungan tempat hidupnya.

Untuk mengimbangi hal tersebut maka dari itu hewan yang lebih kecil atau beratnya lebih sedikit dalam melakukan respirasi atau penggunaan oksigennya sedikit sedangkan hewan ynag memiliki berat yang besar maka hewan tersebut pengambilan oksigennya semakin banyak agar tubuhnya tetap dalam keadaan sehat.

Konsentrasi oksigen terlarut tergantung pada faktor fisika dan biologi. Tumbuhan yang kandungan pati, fruktan, atau gulanya rendah, melakukan respirasi pada laju yang rendah.

Jika kurang bersih dan tabung tertutup, maka akan terjadi respirometer tak dapat dibuka lagi, karena merekat oleh NaOH.

Total kebutuhan oksigen pada percobaan pertama menggunakan jangkrik yang memiliki berat 2,2gram adalah 0,ml sehingga rata-rata kebutuhan oksigen jangkrik percobaan pertama adalah 0,ml setiap menitnya.

Penurunan suhu tersebut dilakukan sampai mencapai suhu kritis terendah yaitu ketika ikan nampak kolaps. Insang merupakan lipatan keluar dari permukaan tubuh yang tertanam dalam air dan terdapat penutup insang yang disebut operkulum.

Jenis Kelamin.

Total kebutuhan oksigen pada percobaan pertama menggunakan kecambah yang memiliki berat 5,0gram adalah 0,ml sehingga rata-rata kebutuhan oksigen jangkrik percobaan kedua adalah 0,ml setiap menitnya.Pengaruh faktor suhu bagi laju respirasi tumbuhan sangat terkait dengan faktor Q 10, dimana umumnya laju reaksi respirasi akan meningkat untuk setiap kenaikan suhu sebesar 10 o C, namun hal ini tergantung pada masing-masing vsfmorocco.com: Merina Safitri.

Respirasi adalah seluruh proses pengambilan O 2 untuk memecah senyawa-senyawa organik sehingga menghasilkan energi dan sisa berupa CO 2 dan H 2 vsfmorocco.comaran gas O 2 dan gas CO 2 berlangsung melalui proses difusi yang berlangsung di alat pernafasan. Fungsi dilakukan penimbangan terhadap berat ikan yang digunakan yaitu untuk mengetahui pengaruh berat ikan terhadap laju respirasi yang terjadi.

Karena semakin besar ukuran ikan, maka semakin besar pula oksigen yang di butuhkan oleh ikan tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena metabolisme yang di lakukan pun semakin cepat, dan ketika laju metabolisme semakin cepat, maka hal tersebut juga.

Fungsi di timbang adalah untuk mengetahui pengaruh berat ikan berpengaruh terhadap laju respirasi yang terjadi. Dimana semakin besar ukuran ikan maka semakin banyak oksigen yang di butuhkan oleh tubuh tersebut.

Karena pada tubuh yang besar maka metabolisme yang harus di lakukan pun semakin besar, dan ketika laju metabolisme semakin besar yang di butuhkan maka ikan juga membutuh kan. v Berat atau massa makhluk hidup mempengaruhi frekuensi pernapasan. Semakin berat makhluk hidup kecepatan frekuensi pernapasan (respirasi) semakin cepat.

Mengetahui pengaruh berat hewan (jangkrik) dan pada tumbuhan (kecambah) terhadap laju respirasi, 3. Mengetahui banyaknya gas oksigen yang dibutuhkan hewan (jangkrik) dan pada tumbuhan (kecambah) untuk vsfmorocco.com: Renaldy Rizki Ramadani.

Pengaruh berat badan terhadap laju respirasi
Rated 3/5 based on 40 review